Artikel Islami | Qurani & Teladan Rasul

Blog ini berisi artikel Islami, Qurani dan Teladan Rasulullah

7 Alasan Pentingnya Menjadi Hafidz Quran

Alasan Pentingnya Menjadi Hafidz Quran - Keutamaan menghafal alquran banyak sekali jumlahnya, dengan banyaknya keutamaan tentu saja menjadi motivasi bagi setiap orang guna belajar Alquran atau menuntun kepada anak-anak untuk mengetahuinya. Takhanya memiliki kefadholan bagi diri sendiri, menjadi hafidz Alquran pun senantiasa memberikan keutamaan bagi kerabat dan sanak famili apalagi bagi orangtuanya.

Mengacu pada hadits, Rasulullah menyebutkan sedikitnya ada 7 Alasan Pentingnya Menjadi Hafidz Quran, yaitu:
  1. Menjadi keluarga Allah di dunia. "Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, "Siapakah mereka ya Rasulullah?" Rasul menjawab, "Para ahli Al Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya." (HR. Ahmad)
  2. Lebih diutamakan untuk dihormati dan didahulukan.  "Yang menjadi imam suatu kaum adalah yang paling banyak hafalannya." (HR. Muslim). Dari Abu Hurairah ia berkata, "Telah mengutus Rasulullah SAW sebuah delegasi yang banyak jumlahnya, kemudian Rasul mengetes hafalan mereka, kemudian satu per satu disuruh membaca apa yang sudah dihafal, maka sampailah pada Shahabi yang paling muda usianya, beliau bertanya, "Surat apa yang kau hafal? Ia menjawab,"Aku hafal surat ini.. surat ini.. dan surat Al Baqarah." Benarkah kamu hafal surat Al Baqarah?" Tanya Nabi lagi. Shahabi menjawab, "Benar." Nabi bersabda, "Berangkatlah kamu dan kamulah pemimpin delegasi." (HR. At-Turmudzi dan An-Nasa’i) "Adalah nabi mengumpulkan di antara dua orang syuhada Uhud kemudian beliau bersabda, "Manakah di antara keduanya yang lebih banyak hafal Al Qur’an, ketika ditunjuk kepada salah satunya, maka beliau mendahulukan pemakamannya di liang lahat." (HR. Bukhari)
  3. Mendapat syafaat dari Alquran. “Penghafal Quran akan datang pada hari kiamat dan AlQuran berkata: “Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia. Kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan). AlQuran kembali meminta: Wahai Tuhanku, ridhailaih dia, maka Allah meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu, bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga). Dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan.” (HR Tirmidzi)
  4. Termasuk sebaik-baik manusia. “Sebaik-baik orang di antara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya” (HR. Bukhari)
  5. Dimuliakan oleh Allah. "Sesungguhnya termasuk mengagungkan Allah menghormati orang tua yang muslim, penghafal Al Qur’an yang tidak melampaui batas (di dalam mengamalkan dan memahaminya) dan tidak menjauhinya (enggan membaca dan mengamalkannya) dan Penguasa yang adil." (HR. Abu Daud)
  6. Orang lain boleh iri padanya. "Tidak boleh seseorang berkeinginan kecuali dalam dua perkara, menginginkan seseorang yang diajarkan oleh Allah kepadanya Al Qur’an kemudian ia membacanya sepanjang malam dan siang, sehingga tetangganya mendengar bacaannya, kemudian ia berkata, ’Andaikan aku diberi sebagaimana si fulan diberi, sehingga aku dapat berbuat sebagaimana si fulan berbuat" (HR. Bukhari)
  7. Mampu menyelamatkan kedua orangtua. Sabda rasulullah Saw.,"Daripada Buraidah Al Aslami ra, ia berkata bahawasanya ia mendengar Rasulullah s..a.w bersabda: "Pada hari kiamat nanti, Al Quran akan menemui penghafalnya ketika penghafal itu keluar dari kuburnya. Al Quran akan berwujud seseorang dan ia bertanya kepada penghafalnya: "Apakah anda mengenalku?". Penghafal tadi menjawab; "saya tidak mengenal kamu." Al Quran berkata; "saya adalah kawanmu, Al Quran yang membuatmu kehausan di tengah hari yang panas dan membuatmu tidak tidur pada malam hari. Sesungguhnya setiap pedagang akan mendapat keuntungan di belakang dagangannya dan kamu pada hari ini di belakang semua dagangan. Maka penghafal Al Quran tadi di beri kekuasaan di tangan kanannya dan diberi kekekalan ditangan kirinya, serta di atas kepalanya dipasang mahkota perkasa. Sedang kedua orang tuanya diberi dua pakaian baru lagi bagus yang harganya tidak dapat dibayar oleh penghuni dunia keseluruhannya. Kedua orang tua itu lalu bertanya: "kenapa kami di beri dengan pakaian begini?". Kemudian di jawab, "kerana anakmu hafal Al Quran." Kemudian kepada penghafal Al Quran tadi di perintahkan, "bacalah dan naiklah ketingkat-tingkat syurga dan kamar-kamarnya." Maka ia pun terus naik selagi ia tetap membaca, baik bacaan itu cepat atau perlahan (tartil).
Itulah sekilas pengingat tentang, "7 Alasan Pentingnya Menjadi Hafidz Quran". Semoga bermanfaat ~ Dapatkan mushaf terbaru dari Syaamil Quran yg bisa membantu anda menjadi penghafal Al-Qur'an. "Al-Qur'an Tikrar, Hafal Tanpa Menghafal" 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori 7 Alasan Pentingnya Menjadi Hafidz Quran / Alasan / Hafidz Quran dengan judul 7 Alasan Pentingnya Menjadi Hafidz Quran. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://yusufmansyur-on.blogspot.com/2015/06/7-alasan-pentingnya-menjadi-hafidz-quran.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: admin -